Minggu, 07 Februari 2016

Awas Sianida pada SINGKONG

Masih ingat kasus pembunuhan teersangka Jessica dengan korban bernama Mirna, ya meninggal setelahminum kopi BERSIANIDA, teernyata usut punya usust itu pembunuhan berencana. Eitss bukan pembunuhannya yan akan di usut, tapi kandungan SIANIANYA yangkinimenjadi erbincangan publik, teerinspirasi dari kasus tadi mimin punya informasi menarik nih tenang SIANIDA, makanan yang mengandung sianida, salah satunya SINGKONG, apa ? Singkong ?? trus bisa sampe ngebunuh kaya kopi sianida @J ga ?? Konyol tentu saja TIDAK.
palingan sedikit pusing, Hal ini bisa terjadi JIKA ANDA meengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. 

Diliansir dari wowkeren.com singong memiliki kandungan sianida yang di hasilkan dari glikosida sianogenik yang dinamakan linimarin. Senyawa tersebut relatif tidak beracun, tapi karena proses enzimatik yang terjadi di dalam tubuh manusia bisa mengurainya menjadi salah satu bentuk racun sianida yang paling mematikan, yaitu hidrogen sianida. 
Tapi tenang, tidak semua jenis singkoing memiki kandungan sianida yang tinggi, hanya jenis jenis tertentu saja, dan jangankhawatir singkong yang biasa di konsumsi itu juga aman karrena sianida yanng terkandung di dalamnya sangat sedikit. 

Intinya jika sianida yang masuk dalam tubuh itu dalam jumlah kecil maka sianida akan diubah menjadi tiosianat yang lebih aman dan diekskresikan dari tubuh. tapi jika sianida yang masuk ke tubu hitu dalam jumlah besar maka akan mengakibatkankerusakanpada organ tubu terutama kardiovaskuler, dan juga menyebabkan kematian seperti kasus diatas. 

Adapun ciri ciri singkong dengan kandungansianida yang cukup tinggi itu biasanya tangkai daunnya sangat merah. Kulit ubinya, kalau dikupas juga bukan putih melainkan merah terng salah satu petani singkong bernama kusrini warga gunung kidul, jenis singkong seperti itujuga jika daunnya dimasak ataudi jadikan lalaban bisa meembuat racun jika proses pemasakannya tidak benar.

Selalu waspada, sebab kematiann itu adalah hal yang paling dekat ketimbang teman yang duduk sebelahmu. :)

0 komentar:

Posting Komentar