Rabu, 15 Maret 2017

Penyebab Gagal Ginjal Pada Anak Kecil

Penyebab Gagal Ginjal Pada Anak Kecil - Penyakit ginjal dapat mempengaruhi anak-anak dengan berbagai cara, mulai dari gangguan yang dapat diobati tanpa konsekuensi jangka panjang untuk kondisi yang mengancam jiwa. penyakit ginjal akut berkembang tiba-tiba, selama waktu yang singkat, dan bisa serius dengan konsekuensi jangka panjang atau mungkin hilang sepenuhnya setelah penyebab telah diobati.

Penyebab Gagal Ginjal Pada Anak Kecil
Penyebab Gagal Ginjal Pada Anak Kecil


Penyakit ginjal kronis (CKD) tidak pergi dengan pengobatan dan cenderung menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu. CKD akhirnya menyebabkan gagal ginjal, digambarkan sebagai penyakit ginjal stadium akhir atau ESRD ketika diobati dengan transplantasi ginjal atau perawatan penyaringan darah yang disebut dialisis.

Jika anak anak mengalami masalah penyakit gagal ginjal, maka anak akan mengalami maslah kesehatan lainnya, seeprti : 

  • citra diri negatif
  • masalah hubungan
  • masalah perilaku
  • masalah pembelajaran
  • kesulitan berkonsentrasi
  • keterlambatan perkembangan kemampuan bahasa
  • keterlambatan perkembangan motorik

Anak-anak dengan CKD dapat tumbuh pada tingkat lebih lambat dari rekan-rekan mereka, dan inkontinensia-kemih hilangnya kontrol kandung kemih, yang menyebabkan hilangnya disengaja urin-umum.
baca juga : Obat gagal Ginjal Stadium 5


Penyebab Gagal Ginjal Pada Anak Kecil

Ginjal adalah dua organ berbentuk kacang, masing-masing seukuran kepalan tangan. Mereka terletak tepat di bawah tulang rusuk, satu di setiap sisi tulang belakang. Setiap hari, dua ginjal menyaring sekitar 120 hingga 150 liter darah untuk menghasilkan sekitar 1 sampai 2 liter urine, terdiri dari limbah dan cairan ekstra. Anak-anak memproduksi urine kurang dari orang dewasa dan jumlah yang dihasilkan tergantung pada usia mereka. Ginjal bekerja di sekitar jam; seseorang tidak mengontrol apa yang mereka lakukan. Ureter adalah tabung tipis otot-satu pada setiap sisi dari kandung kemih-yang membawa urin dari masing-masing ginjal ke kandung kemih tersebut. Toko kandung kemih urin sampai orang menemukan waktu dan tempat untuk buang air kecil yang sesuai.

Apa penyebab dari penyakit ginjal pada anak-anak?


penyakit ginjal pada anak-anak dapat disebabkan oleh
  • cacat lahir
  • penyakit keturunan
  • infeksi
  • sindrom nefrotik
  • penyakit sistemik
  • trauma
  • penyumbatan urin atau refluks

Dari lahir sampai usia 4, cacat lahir dan penyakit keturunan adalah penyebab utama gagal ginjal. Antara usia 5 dan 14, gagal ginjal kebanyakan disebabkan oleh penyakit keturunan, sindrom nefrotik, dan penyakit sistemik. Antara usia 15 dan 19, penyakit yang mempengaruhi glomeruli adalah penyebab utama gagal ginjal, dan penyakit keturunan menjadi kurang umum. 1

Cacat lahir


Sebuah cacat lahir adalah masalah yang terjadi saat bayi berkembang di dalam rahim ibu. cacat lahir yang mempengaruhi ginjal termasuk agenesis ginjal, displasia ginjal, dan ginjal ektopik, untuk beberapa nama. Cacat ini kelainan ukuran, struktur, atau posisi ginjal:

ginjal agenesis-anak yang lahir dengan hanya satu ginjal
ginjal dysplasia-anak yang lahir dengan kedua ginjal, namun satu tidak berfungsi
ektopik ginjal-anak yang lahir dengan ginjal yang terletak di bawah, atas, atau di sisi berlawanan dari posisi yang biasa
Secara umum, anak-anak dengan kondisi ini menyebabkan penuh, hidup sehat. Namun, beberapa anak-anak dengan agenesis ginjal atau displasia ginjal berada pada peningkatan risiko untuk mengembangkan penyakit ginjal.

Penyakit keturunan


penyakit ginjal turun-temurun adalah penyakit ditularkan dari orangtua ke anak melalui gen. Salah satu contoh adalah penyakit ginjal polikistik (PKD), ditandai oleh banyak kelompok grapelike dari cairan kista-normal kantung-yang membuat kedua ginjal yang lebih besar dari waktu ke waktu. Kista ini mengambil alih dan menghancurkan jaringan ginjal bekerja. penyakit keturunan lain adalah sindrom Alport, yang disebabkan oleh mutasi pada gen untuk sejenis protein yang disebut kolagen yang membuat glomeruli. Kondisi ini menyebabkan jaringan parut ginjal. sindrom Alport biasanya berkembang pada anak usia dini dan lebih serius dalam anak laki-laki dari pada anak perempuan. Kondisi ini dapat menyebabkan pendengaran dan penglihatan masalah selain penyakit ginjal.

Infeksi


sindrom uremik hemolitik dan glomerulonefritis pasca-streptokokus akut adalah penyakit ginjal yang dapat berkembang pada anak setelah infeksi.

Sindrom uremik hemolitik adalah penyakit langka yang sering disebabkan oleh Escherichia coli (E. coli) bakteri yang ditemukan dalam makanan yang terkontaminasi, seperti daging, produk susu, dan jus. Sindrom uremik hemolitik terjadi ketika E. coli bakteri bersarang di saluran pencernaan membuat racun yang memasuki aliran darah. Racun mulai untuk menghancurkan sel-sel darah merah dan merusak lapisan pembuluh darah, termasuk glomeruli. Kebanyakan anak-anak yang mendapatkan E. coli infeksi memiliki muntah, kram perut, dan diare berdarah selama 2 sampai 3 hari. Anak-anak yang mengalami sindrom uremik hemolitik menjadi pucat, lelah, dan mudah tersinggung. Sindrom uremik hemolitik dapat menyebabkan gagal ginjal pada beberapa anak.

Glomerulonefritis pasca-streptococcus dapat terjadi setelah sebuah episode dari radang tenggorokan atau infeksi kulit. The Streptococcus bakteri tidak menyerang ginjal secara langsung; sebaliknya, infeksi dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk kelebihan antibodi. Antibodi adalah protein yang dibuat oleh sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh melindungi orang dari infeksi dengan mengidentifikasi dan menghancurkan bakteri, virus, dan zat-zat asing berbahaya lainnya. Ketika antibodi tambahan beredar dalam darah dan akhirnya menyetor di glomeruli, ginjal bisa rusak. Sebagian besar kasus glomerulonefritis pasca-streptokokus mengembangkan 1 sampai 3 minggu setelah infeksi diobati, meskipun mungkin selama 6 minggu. Glomerulonefritis pasca-streptokokus berlangsung hanya dalam waktu singkat dan ginjal biasanya sembuh. Dalam beberapa kasus, kerusakan ginjal mungkin permanen.

Sindrom nefrotik


Sindrom nefrotik adalah kumpulan gejala yang menunjukkan kerusakan ginjal. Sindrom nefrotik mencakup semua kondisi berikut:

albuminuria-saat urine seseorang mengandung tingkat yang lebih tinggi dari albumin, protein biasanya ditemukan dalam darah
lemak dan kadar kolesterol dalam darah lebih tinggi dari normal hiperlipidemia-
edema-bengkak, biasanya di kaki, kaki, atau pergelangan kaki dan kurang sering di tangan atau wajah
tingkat hipoalbuminemia-rendah albumin dalam darah
sindrom nefrotik pada anak dapat disebabkan oleh kondisi berikut:

Penyakit perubahan minimal adalah kondisi yang ditandai oleh kerusakan pada glomeruli yang dapat dilihat hanya dengan mikroskop elektron, yang menunjukkan rincian kecil lebih baik daripada jenis lain dari mikroskop. Penyebab penyakit perubahan minimal tidak diketahui; beberapa penyedia layanan kesehatan pikir itu mungkin terjadi setelah reaksi alergi, vaksinasi, dan infeksi virus.
Glomerulosklerosis fokal segmental adalah jaringan parut di daerah yang tersebar dari ginjal, biasanya terbatas pada sejumlah kecil glomeruli.
Glomerulonefritis membranoproliferative adalah sekelompok penyakit autoimun yang menyebabkan antibodi untuk membangun pada membran di ginjal. Penyakit autoimun menyebabkan sistem kekebalan tubuh untuk menyerang sel-sel tubuh sendiri dan organ.

Penyakit sistemik


penyakit sistemik, seperti lupus eritematosus sistemik (SLE atau lupus) dan diabetes, melibatkan banyak organ atau seluruh tubuh, termasuk ginjal:

Lupus nefritis adalah peradangan ginjal yang disebabkan oleh SLE, yang merupakan penyakit autoimun.
Diabetes menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah, juga disebut gula darah, yang bekas luka ginjal dan meningkatkan kecepatan di mana darah mengalir ke ginjal. aliran darah lebih cepat strain glomeruli, penurunan kemampuan mereka untuk menyaring darah, dan meningkatkan tekanan darah. Penyakit ginjal yang disebabkan oleh diabetes disebut penyakit ginjal diabetik. Sementara diabetes adalah penyebab nomor satu dari gagal ginjal pada orang dewasa, itu adalah penyebab jarang terjadi selama masa kanak-kanak.
Informasi lebih lanjut tentang penyakit ginjal sistemik disediakan dalam topik kesehatan NIDDK:

trauma


Trauma seperti luka bakar, dehidrasi, perdarahan, cedera, atau operasi dapat menyebabkan tekanan darah sangat rendah, yang menurunkan aliran darah ke ginjal. aliran darah yang rendah dapat menyebabkan gagal ginjal akut.

Urine Penyumbatan atau Reflux


Ketika penyumbatan berkembang antara ginjal dan uretra, urine dapat membuat cadangan ke ginjal dan menyebabkan kerusakan. Refluks-urine mengalir dari kandung kemih sampai ke ginjal terjadi ketika katup antara kandung kemih dan ureter tidak menutup semua jalan.

Bagaimanana cara pengobatannya ?? anda bisa baca lebih lengkapnya disini >> Obat gagal Ginjal 

0 komentar:

Posting Komentar